oleh

Masyarakat Harus Bersatu Merawat NKRI Sesuai Ideologi Pancasila

-Utama-359 views
jpnn.comJAKARTA – Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Gerakan Rakyat Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (DPN GERCIN) Hendrik Yance Udam mengatakan Pancasila sebagai idiologi sudah final sebagai pegangan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia.

“Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni ini merupakan momentum bagi setiap anak bangsa dari Sabang sampai Merauke untuk bersatu padu dalam mengawal keutuhan NKRI dari ancaman perpecahan,” tegas Hendrik Yance di Jakarta, Sabtu (1/6).

Hendrik menilai Indonesia yang sangat luas ini memiliki beranekaragam suku, agama, ras, budaya dan bahasa yang berbeda-beda tetapi tetap bersatu karena adanya Pancasila. Oleh karena itu, jangan heran jika dunia internasional melihat Indonesia sebagai negara yang unik.

Menurut Hendrik, Indonesia patut berbangga karena memiliki Pancasila sebagai pemersatu anak bangsa. Perlu diingat bahwa tidak ada bangsa di dunia ini yang memiliki idiologi seperti Pancasila.

“Sebagai sesama anak bangsa Indonesia, kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena menganugerahkan NKRI yang begitu makmur dan unik serta memiliki idiologi Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa,” kata Hendrik.

Pada kesempatan itu, Hendrik mengajak masyarakat tidak terpengaruh dan tidak terprovokasi dengan idiologi di luar Pancasila. Hendrik juga menyampaikan, GERCIN, organisasi yang dipimpinnya siap bermitra dengan pemerintah dalam rangka menyosialisasikan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Visi dan misi organisasi kami sangat jelas bahwa dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga GERCIN yaitu mengawal dan menyosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan,” kata Hendrik.

Untuk diketahui, keempat Pilar Kebangsaan itu adalah Pancasila sebagai idiologi negara; UUD 1945 sebagai Konstitusi Negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.(fri/jpnn)

Komentar

BERITA TERBARU